Wisata Kuliner Khas Banyuwangi

Banyuwangi kini telah bertranspormasi menjadi salah satu destinasi andalan di Indonesia, tak hanya wisata alamnya yang menakjubkan tetapi juga kulinernya  tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Hal tersebut menjadi sebuah daya tarik yang membuat sebuah destinasi wisata jadi terkenal. Banyuwangi yang memiliki julukan Sunrise of Java yang berada di Ujung Timur Pulau Jawa mempunyai dua magnet yaitu tempat wisata yang cantik dan kuliner yang menarik. Kuliner kaya rasa yang dimiliki Banyuwangi dengan resep warisan leluhur yang dipercayakan dari generasi ke generasi telah menciptakan cita rasa kuliner yang menggugah selera. Tradisi Banyuwangi telah berhasil menciptakan ragam kuliner penuh cita rasa. Nah berikut ini beberapa makanan andalan khas Banyuwangi yang bisa anda cicipi saat berkunjung di Banyuwangi.

1. Rujak Soto

Rujak Soto menjadi dua kombinasi antara rujak dan soto yang di hidangkan dalam satu porsi. Rujak sayuran dengan cita rasa sambal kacang yang gurih, hasil dari ulekan kacang tanah sangrai, garam, gula merah, bawang putih, pisang batu, terasi/petis, cabe rawit dan air perasan asam jawa.⁣⁣ Penyajiannya, irisan sayur rebus, kecambah, potongan tahu, tempe, ketimun dan lontong dilumuri dengan sambal kacang lalu dipindahkan ke dalam mangkuk, setelah itu disiram dengan soto babat yang masih panas, dan ditambahkan kerupuk diatasnya.⁣⁣ Wangi aroma petis dan cingur bertemu dengan cita rasa gurihnya soto babat, menjadi kombinasi rasa yang pas di lidah. Kuah hasil perpaduan soto dan bumbu kacangnya agak kental, terasa legit di lidah, dengan rasa kacang agak dominan. Jeroan yang dimasak dalam soto empuk sekali, ada babat dan usus sapi. ⁣⁣⁣⁣

Lokasi : Warung Mbok Ija,  Jl. Borobudur (Samping Kantor Pemkab Banyuwangi), Buka jam : 09.00-16.00 (Sabtu dan Minggu Tutup)

2. Pecel Pitik

Pecel Pitik pada ceritanya dulu hanya disajikan saat ritual oleh Suku Using asli Banyuwangi atau saat acara tertentu seperti selamatan . Karena seiring perkembangan zaman beberapa warung, maupun restoran telah menyajikan Pecel Pitik sebagai menunya. Dan sekarang menjadi salah satu kuliner khas banyuwangi. Yang membuat khas dari Pecel pitik ini adalah parutan kelapa muda yang dibumbui lalu dicampur dengan potongan ayam kampung yang di suwir-suwir dan tercipta rasa Pecel Pitik yang gurih, sedikit pedas, dan cita rasa khas Banyuwangi.

3. Sego Cawuk

Sego Cawuk adalah perpaduan antara nasi dan kuah yang terbuat dari parutan kelapa. Ada bermacam-macam lauk: dendeng, telur, pelasan/pepes ikan laut, dll. Mimin pilih lauk pelasan cumi. Rasanya mantap banget, rasanya khas makanan rumahan yang tradisional.

Lokasi : Sego Cawuk Bu Mantih,  Jln. Wahid Hasyim (Kurang lebih 500m dari Stasiun Rogojampi)

4. Sego Tempong

Sego Tempong merupakan makanan khas daerah Banyuwangi, dengan ciri khas sambal yang super pedas efeknya serasa ditampar menjadi alasan mengapa makanan khas Banyuwangi yang satu ini dinamakan Sego Tempong, karena arti tempong dalam bahasa Indonesia adalah Ditampar.

Sambal mentah ala nasi tempong umumnya diracik dari ulegan cabe rawit, tomat ranti, terasi, gula dan garam. Tak lupa dikucuri sedikit jeruk purut biar aromanya makin sedap. Sajian sambal menggoda ini makin mantul saat tersaji dengan nasi putih, lauk, sayuran rebus dan lalapan segar. Spesialnya lagi pilihan lauknya banyak banget. Selain wajib ada ikan asinnya masih bebas pilih lauk ikan, lele, wader, aneka gorengan, pepes, bothok dan lainnya (www.idntimes.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Populer

Pos Terbaru

Pos Terbaru

April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Chat Sekarang
Halo👋🏻
Ada yang bisa kami bant?